Saturday, December 26, 2015

Mengenal Control Pada Visual Basic 6.0

Sebelum menulis prosedur event untuk kontrol untuk menanggapi suatu peristiwa, Anda harus mengatur properti tertentu untuk kontrol untuk menentukan penampilan dan bagaimana ia akan bekerja dengan event prosedur. Anda dapat mengatur properti dari kontrol pada jendela properti atau pada saat runtime. 
Gambar 3.1
Gambar di sebelah kanan adalah jendela properti khas untuk formulir. Anda dapat mengubah nama form keterangan untuk nama apapun yang Anda sukai. Pada jendela properti, item muncul di bagian atas adalah objek yang sedang dipilih (pada Gambar, objek yang dipilih adalah Form1). Pada bagian bawah, item yang tercantum di kolom kiri merupakan nama-nama berbagai properti yang berhubungan dengan objek yang dipilih sedangkan item yang tercantum di kolom kanan mewakili negara bagian properti. Properti dapat diatur dengan menyorot item dalam kolom kanan kemudian mengubah mereka dengan mengetik atau memilih pilihan yang tersedia.Misalnya, untuk mengubah judul, hanya sorot Form1 Caption di bawah nama dan mengubahnya ke nama lain. Anda juga dapat mencoba untuk mengubah penampilan bentuk dengan menetapkan ke 3D atau flat. Hal-hal lain yang dapat Anda lakukan adalah untuk mengubah latar depan dan latar belakang warna, mengubah jenis font dan ukuran font, mengaktifkan atau menonaktifkan meminimalkan dan memaksimalkan tombol dan lain-lainAnda juga dapat mengubah properti saat runtime untuk memberikan efek khusus seperti perubahan warna, bentuk, efek animasi dan sebagainya. Sebagai contoh kode berikut akan mengubah warna bentuk merah setiap kali bentuk yang dimuat. VB menggunakan sistem heksadesimal untuk mewakili warna. Anda dapat memeriksa kode warna di jendela properti yang muncul di bawah ForeColor dan BackColor.

Contoh: Program untuk mengubah warna latar belakangPrivate SubForm_Load ()Form1.showForm1.BackColor = & H000000FF &End SubContoh: Program untuk mengubah bentukContoh ini adalah untuk mengubah kontrol Shape untuk bentuk tertentu pada saat runtime dengan menulis kode berikut. Kode ini akan mengubah bentuk ke lingkaran pada saat runtime.Private Sub Form_Load ()

    
Shape1.Shape = 3End SubHarap dicatat bahwa mengetahui bagaimana dan kapan harus mengatur properti obyek 'sangat penting karena dapat membantu Anda untuk menulis program yang baik atau Anda mungkin gagal untuk menulis program yang baik. Jadi, saya saran Anda untuk menghabiskan banyak waktu bermain dengan sifat benda '.Kami tidak akan ke rincian tentang bagaimana untuk mengatur properti. Namun, saya ingin menekankan beberapa poin penting tentang pengaturan properti.

    -Anda harus mengatur Caption Property dari kontrol jelas sehingga pengguna tahu apa yang harus dilakukan dengan perintah itu.
    -Gunakan nama yang berarti untuk Nama Properti karena lebih mudah untuk menulis dan membaca prosedur acara dan lebih mudah untuk debug atau memodifikasi program kemudian.
    -Satu sifat penting lainnya adalah apakah untuk membuat kontrol diaktifkan atau tidak.
    -Akhirnya, Anda juga harus mempertimbangkan membuat kontrol terlihat atau tidak terlihat pada saat runtime, atau ketika harus menjadi terlihat atau tidak terlihat.
Penanganan beberapa kontrol umum
Gambar di bawah ini adalah toolbox VB6 yang menunjukkan kontrol dasar.

Gambar 3.2
 Tool Box
Tool Box adalah kontrol standar untuk menerima input dari user serta untuk menampilkan output. Ia bisa menangani tali (teks) dan data numerik tetapi tidak foto atau gambar. Sama seperti bidang teks di website, didukung oleh Windows tidak, tetapi biasanya web linux hosting platform seperti iPage, bidang ini mengumpulkan pengguna input.String dalam kotak teks dapat dikonversi ke data numerik dengan menggunakan fungsi Val (teks). Contoh berikut mengilustrasikan sebuah program sederhana yang memproses masukan dari pengguna.Contoh Program :Dalam program ini, dua kotak teks dimasukkan ke dalam formulir bersama-sama dengan beberapa label. Dua kotak teks yang digunakan untuk menerima input dari user dan salah satu label akan digunakan untuk menampilkan jumlah dari dua nomor yang dimasukkan ke dalam dua kotak teks. Selain itu, tombol perintah juga diprogram untuk menghitung jumlah dari dua angka menggunakan operator plus. Penggunaan Program menciptakan variabel sum untuk menerima penjumlahan nilai dari kotak teks 1 dan prosedur 2. kotak teks untuk menghitung dan untuk menampilkan output pada label ditampilkan di bawah. Output ditunjukkan pada Gambar di bawah ini
Gambar 3.3
Label

Label adalah kontrol yang sangat berguna untuk Visual Basic, karena tidak hanya digunakan untuk memberikan instruksi dan panduan bagi pengguna, juga dapat digunakan untuk menampilkan output. Salah satu sifat yang paling penting adalah Caption. Menggunakan label.Caption sintaks, dapat menampilkan teks dan data numerik. Anda dapat mengubah keterangannya di jendela properti dan juga pada saat runtime. Silahkan lihat Contoh 3.1 dan Gambar 3.1 untuk penggunaan label.


Command Button
Command button
adalah salah satu kontrol yang paling penting karena digunakan untuk menjalankan perintah. Ini menampilkan ilusi bahwa tombol ditekan ketika pengguna mengklik itu. Acara yang paling umum yang terkait dengan tombol perintah adalah acara Klik, dan sintaks untuk prosedur ini

Picture Box
Picture Box adalah salah satu kontrol yang digunakan untuk menangani grafis. Anda dapat memuat gambar pada tahap desain dengan mengklik pada item gambar di jendela properti dan pilih gambar dari folder yang dipilih. Anda juga dapat memuat gambar saat runtime dengan menggunakan metode LoadPicture. Misalnya, pernyataan itu akan memuat gambar grape.gif ke dalam picture box.


Image Box
Image Box adalah kontrol lain yang menangani foto dan gambar. Ini berfungsi hampir identik dengan picture box. Namun, ada satu perbedaan utama, gambar dalam Kotak image adalah merenggang, yang berarti dapat diubah ukurannya. Fitur ini tidak tersedia di Kotak Gambar. Serupa dengan Kotak Gambar, juga dapat menggunakan metode LoadPicture untuk memuat gambar.


List Box
Fungsi dari List Box adalah untuk menyajikan daftar item dimana pengguna dapat klik dan pilih item dari daftar. Untuk menambahkan item ke dalam daftar, kita dapat menggunakan metode AddItem.


 Combo Box 
Fungsi dari Combo Box juga untuk menyajikan daftar item dimana pengguna dapat klik dan pilih item dari daftar. Namun, kebutuhan pengguna untuk mengklik panah kecil di sebelah kanan kotak combo untuk melihat item yang disajikan dalam daftar drop-down. Untuk menambahkan item ke dalam daftar, Anda juga dapat menggunakan metode AddItem.

Check Box

Check Box kontrol memungkinkan pengguna memilih atau unselects pilihan. Ketika Check Box diperiksa, nilainya diatur ke 1 dan bila dicentang, nilai diatur ke 0. Anda dapat menyertakan laporan Check1.Value = 1 untuk menandai Kotak Centang dan Check1.Value = 0 untuk menghapus tanda Check Box, serta menggunakannya untuk melakukan tindakan tertentu. Sebagai contoh, program akan mengubah warna latar belakang formulir ke merah saat kotak centang dicentang dan akan berubah menjadi biru saat kotak centang dicentang. Anda akan belajar tentang pernyataan kondisional Jika ... .Kemudian ... .Elseif dalam pelajaran nanti. VbRed dan vbBlue adalah konstanta warna dan BackColor adalah warna latar belakang milik formulir.

Contoh Program :
 

Option Box
Option Box juga memungkinkan pengguna memilih salah satu pilihan. Namun, dua atau lebih Option box harus bekerja sama karena sebagai salah satu Option box dipilih, Option box lainnya tidak akan dipilih. Bahkan, hanya satu Option Box dapat dipilih pada satu waktu. Ketika kotak opsi yang dipilih, nilai diatur ke "True" dan ketika itu tidak dipilih; nilainya diatur ke "False". Dalam contoh berikut, bentuk kontrol ditempatkan dalam bentuk bersama-sama dengan enam Option box. Ketika pengguna mengklik kotak pilihan yang berbeda, bentuk yang berbeda akan muncul. Nilai-nilai dari bentuk kontrol adalah 0, 1, dan 2,3,4,5 yang akan membuatnya muncul sebagai persegi panjang, persegi, bentuk oval, persegi panjang bulat dan persegi bulat masing-masing.


Drive List Box
Drive ListBox adalah untuk menampilkan daftar drive yang tersedia di komputer Anda. Bila Anda menempatkan kontrol ini ke dalam formulir dan menjalankan program, Anda akan dapat memilih drive yang berbeda dari komputer Anda seperti yang ditunjukkan pada Gambar 3.4

Gambar 3.4
 Direktori List Box
Directory List Box adalah untuk menampilkan daftar direktori atau folder dalam drive yang dipilih. Bila Anda menempatkan kontrol ini ke dalam formulir dan menjalankan program, Anda akan dapat memilih direktori yang berbeda dari drive yang dipilih di komputer Anda seperti yang ditunjukkan pada Gambar 3.5

Gambar 3.5
 File List Box
File List Box adalah untuk menampilkan daftar file dalam direktori atau folder yang dipilih. Bila Anda menempatkan kontrol ini ke dalam formulir dan menjalankan program, Anda akan dapat ditampilkan daftar file dalam direktori yang dipilih seperti yang ditunjukkan pada Gambar 3.6

Gambar 3.6
 Anda dapat mengkoordinasikan Drive List Box, Directory List Box dan File List Box untuk mencari file yang Anda inginkan.

TRICKZ WAZIRUL 

0 komentar

Post a Comment

Hanya Ada 1 Peraturan Komentar :
JANGAN KOMEN PAKE LINK