Tuesday, December 15, 2015

Cara Menghemat Battery Laptop

Kalian pasti pernah ngalamin yang namanya " Your Battery Is Running Low " terus biasanya temen lu bilang , "awas nanti battery lu ilang","lah emang napa","tuh lagi lari lambat :v " .. yah emang jengkelin sih battery laptop habis .. apalagi masih ngerjain tugas .. apalaginya lagi waktu ngerjain laporan .. apalaginya apalaginya lagi besok skripsi harus kelar :v .. kan repot .. nah gwa sekarang bakal jelasin teknik :v alias

Cara Menghemat Battery Laptop

# 1. Menonaktifkan Perangkat dan Port yang tidak digunakan 
Cara sederhana untuk meningkatkan daya tahan / menghemat baterai laptop adalah untuk menonaktifkan perangkat yang tidak digunakan saat ini misalnya menghapus mouse USB eksternal, drive eksternal dll Anda juga harus mengurus WiFi dan Bluetooth dan menutup WiFi dan Bluetooth setelah menggunakannya. Untuk menonaktifkan perangkat yang tidak terpakai pada Windows Anda harus membuka panel kontrol dan mencari device manager. Di device manager, perangkat dikelompokkan berdasarkan kategori.Catatan: - Anda harus merawat komponen-komponen yang tanpa Laptop Anda tidak bekerja seperti hard drive Anda. Perlu diingat sebelum perangkat menonaktifkan pastikan itu bukan hardware yang dibutuhkan dasar kerja laptop. 

# 2. Nonaktifkan Apps dan Processes.
 Cara kedua untuk menghemat baterai laptop Anda adalah untuk mematikan proses yang tidak perlu dan aplikasi karena beberapa aplikasi meluangkan waktu prosesor untuk pengolahan dan meningkatkan beban pada prosesor yang digunakan baterai laptop secara berlebihan. Beberapa proses mulai ketika jendela mulai dan tetap meminimalkan di latar belakang dan mengkonsumsi baterai Anda.  
Untuk menutup proses ini tekan Ctrl + Alt + Del untuk membuka task manager dan menutup proses yang Anda inginkan. 

# 3.Nyalakan Battery Saver Mode. 
Hal lain yang perlu diingat untuk meningkatkan hidup baterai laptop Anda adalah untuk mengaktifkan mode hemat daya laptop Anda. Modus hemat daya ini akan otomatis menyesuaikan perangkat Anda dalam mode daya rendah dan memungkinkan mereka untuk menggunakan daya yang rendah. Hal ini akan meningkatkan hidup baterai Anda sampai batas tertentu.

# 4. Sesuaikan Pengaturan Laptop Anda.
 Anda dapat menyesuaikan pengaturan laptop Anda saat menggunakan mouse dan keyboard dari laptop Anda. Keyboard lampu belakang juga mengkonsumsi daya dari laptop Anda sehingga sampai Anda tidak dalam gelap Anda tidak perlu mengaktifkan keyboard Anda lampu belakang. Anda juga dapat membuat hot key untuk keyboard cahaya kembali. Anda juga dapat menyesuaikan kecerahan layar laptop Anda sesuai dengan kebutuhan Anda. Pada saat hari Anda dapat menurunkan brightness untuk menghemat baterai Anda. 

# 5. Mengurangi Multitasking. 
Multitasking berarti menjalankan lebih dari satu Apps pada waktu yang sama. Ketika laptop Anda sudah terisi penuh kita tidak perlu mengurangi multitasking. Ketika kita menjalankan lebih dari satu atau dua Apps pada saat yang sama, prosesor mengambil beban lebih untuk memproses mereka dan juga mengkonsumsi daya lebih. Jika Anda membuka beberapa alat pengolahan gambar maka jangan lupa untuk menutup mereka setelah menggunakan karena alat ini mengambil lebih pengolahan untuk menjalankan dan juga mengkonsumsi daya lebih. sehingga mengurangi multitasking jika kita tidak membutuhkannya. 

# 6. Gunakan Hibernate Daripada Stand By.
Beberapa orang menggunakan mode stand by  dilaptop bahkan jika mereka memiliki beberapa pekerjaan lain yang harus dilakukan. Modus siaga menghemat baterai. Modus siaga tidak sepenuhnya mengurangi konsumsi daya Anda. Jadi, Anda harus memilih fungsi Hibernate bukannya Modus siaga. Hibernate fungsi hanya menyelamatkan negara sistem anda dan benar-benar mematikan sistem anda. 

# 7. Meningkatkan Sistem RAM Anda. 
RAM adalah faktor lain yang mempengaruhi daya tahan baterai sistem anda. Jika sistem Anda memiliki RAM kurang maka aplikasi yang membutuhkan lebih banyak RAM akan harus menggunakan memori virtual. Untuk menggunakan sistem memori virtual telah mengakses hard drive setiap kali, operasi ini akan meningkatkan konsumsi daya. Jika sistem kami memiliki jumlah yang cukup maka kita mengurangi penggunaan memori virtual dan menghemat baterai kita.

 # 8. Jaga Kontak Baterry Tetap Bersih
Anda harus membersihkan kontak baterai laptop bersih setelah setiap dua sampai tiga bulan. Membersihkan kontak baterai Anda memungkinkan sangat baik pengisian baterai dan transfer yang baik dari kekuatan untuk laptop dan meningkatkan masa pakai baterai Anda. Anda harus menggunakan alkohol, bensin putih untuk membersihkan kontak baterai.

 # 9. Mencegah Baterai Anda Dari pengisian yang berlebihan. 
Ini adalah faktor lain yang mempengaruhi kehidupan baterai Anda. Anda tidak boleh lupa untuk menghapus charger setelah pengisian penuh. Pengisian yang berlebihan akan merusak baterai dan komponen sistem lainnya. Jadi menjauhkan diri dari pengisian yang berlebihan

3 komentar:

Hanya Ada 1 Peraturan Komentar :
JANGAN KOMEN PAKE LINK